Merawat Sepatu Kulit

Sepatu merupakan investasi berharga yang harus dirawat, terlebih jika Anda membelinya dengan harga yang tinggi. Biarpun Anda membelinya dengan harganya murah, tentu Anda masih berharap agar kondisinya tetap terjaga dengan baik. Oleh karena itu, perawatan sepatu kulit menjadi suatu kemestian. Karena jika sepatu kulit tidak terawat, lama-lama ia akan retak-retak dan melepuh. Dalam kondisi tersebut Anda tentu tidak ingin menggunakannya bukan...

Disemir secara rutin

Tidak disarankan untuk menggunakan sepatu kulit semasa musim hujan. Jika terpaksa
menggunakannya, Andapun harus memberi perawatan ekstra intensif. Sebelum menyemir sepatu, hapuskan lapisan kotoran yang terakumulasi. Untuk lapisan kotoran yang ringan cukup gunakan lap kain. Tapi bila lapisan kotoran yang menyelimuti terlalu berat dan tebal, gunakanlah sikat halus untuk menyapunya.
Pertama kali mesti diperhatikan saat menyemir adalah gunakan kain halus (misal katun) untuk mengelap dan menyemir sepatu kulit. Jangan lupa untuk menggunakan sarung tangan jika diketahui ada bahan berbahaya di dalam semir. Semir sepatu Anda secara rutin. Lapisan semir yang bagus akan meningkatkan performa sepatu Anda dan sekaligus juga pemakainya.

Mengeringkan Bagian Dalam Sepatu

Tidak hanya badan yang mengeluarkan keringat, ternyata kaki kitapun juga sam. Oleh karena itu sempatkan waktu Anda untuk mengeringkan bagian dalam sepatu.
Mengeringkan sepatu cukup mudah. Tempatkan selembar kertas tisu atau kertas serbet di dalam sepatu, biarkan beberapa menit. Ulangi proses sampai bagian tersebut benar-benar kering. Setelah itu Anda dapat menaburkan sedikit bedak talk untuk menyerap sisa-sisa kelembaban. Idealnya Anda mengeringkan sepatu seminggu sekali. Selama musim hujan bagian dalam sepatu tentu harus lebih sering dikeringkan.

Tips Menyimpan Sepatu Kulit

Sehabis memakai sepatu dan membukanya, simpan sepatu Anda di tempat terbuka (diangin-angin). Jika tidak, maka keringat dari kaki menempel di kulit dan berujung pada timbulnya bau tak sedap. Lebih jauh lagi, bagian dalam sepatu Anda akan berjamur. Yakinlah...jamur yang tumbuh di sana tidaklah lucu dan imut
Anda bisa mengisi bagian dalam sepatu dengan koran bekas untuk menjaga bentuk sepatu dan mencegahnya dari bengkok dan mengkerut.

Jika Sepatu Berjamur

Musibah ini bisa terjadi kapanpun dan pada siapapun. Tidak perlu khawatir, Anda masih dapat menyelamatkan sepatu kulit Anda. Ambil sikat gigi bekas dan larutan sabun untuk menyikat si jamur. Sikat dan sapu hingga bagian sudut terkecil agar tidak ada spora jamur tersisa. Setelah disikat, keringkan sepatu menggunakan kipas angin. Agar kering sempurna, Anda bisa menjemurnya di bawah terik matahari.

Hati-hati saat membersihkan jamur. Gunakan selalu sarung tangan untuk mencegah kontak dan infeksi jamur. Cuci tangan dengan sabun sampai bersih.